Minggu, 01 Agustus 2010

Dimmu Borgir Band

Dimmu Borgir adalah band Simfoni Blackmetal yang berasal dari Norwegia. "Dimmu Borgir" berarti "Kota Hitam" atau "Benteng Kegelapan". Di Icelandic dan Norse, nama ini berasal dari formasi gunung berapi di Islandia, Dimmu Borgir.
Dimmu Borgir mulai berkarir sebagai sebuah band Melodic Blackmetal pada tahun 1993. Dibentuk oleh Shagrath, Silenoz, dan Tjodalv, band ini merilis Album EP pada tahun 1994 berjudul Inn i evighetens mørke ("Into the Darkness Adn" dalam bahasa Inggris). Album EP ini terjual habis dalam beberapa minggu, dan dilanjutkan dengan Full Album 1994. Album ini menampilkan kontribusi musik oleh anggota Dødheimsgard dan Ved Buens Ende. Formasi awal terdiri dari Shagrath (gitar),  Tjodalv (drum) dan Silenoz (backing vokal), namun hal ini berubah sebelum album Stormblåst (diterjemahkan untuk "Storm Blown") dirilis, yang direkam oleh Cacophonous Records pada tahun 1996. Stormblåst menerima pujian yang tinggi dari banyak penggemar Melodic Blackmetal, dan sering dianggap sebagai puncak karier band itu. Itu juga merupakan album terakhir yang menampilkan semua lirik ditulis dan dinyanyikan di Norwegia.
Setelah Stormblåsts, Dimmu Borgir mengubah formasi. Keyboardist Stian Aarstad meninggalkan band karena kewajiban untuk melayani di tentara Norwegia, sehingga tidak mampu berpartisipasi dalam rekaman Devil's Path pada tahun 1996 . periode itu juga ditandai dengan keberangkatan bassis mereka Brynjard Tristan yang digantikan oleh Nagash. Stian Aarstad kembali untuk perekaman album Enthrone Darkness Triumphant dirilis pada tahun 1997. Ketika dalam tur untuk mendukung album ini, Stian Aarstad mengalami kesulitan mengikuti latihan dan berada di tur, dan kemudian dipecat. Album Enthrone Darkness Triumphant sukses besar, dan dirilis pada saat mereka pertama  masuk ke Nuclear Blast Record, sebuah label rekaman terkenal di Jerman. Album ini direkam di Studio Abyss milik pentolan Hypocrisy’s, Peter Tägtgren.
Setelah tur untuk Enthrone Darkness Triumphant, band ini merekrut anggota baru Mustis (keyboard) dan Astennu (lead gitar). Berikutnya Dimmu Borgir merilis  full-length album Spiritual Black Dimensions pada tahun 1999 dan 2001 album Puritanical Euphoric Misanthropia, mereka mendapat kritikan keras pada album ini. [rujukan]
Meskipun pemutaran video reguler di MTV2 dan Fuse TV, bahwa album mereka akan berlanjut, band ini telah menyatakan bahwa mereka tidak "berorientasi komersial", bahkan sebaliknya, mereka 'hanya ingin menyebarkan pesan mereka kepada orang-orang . Pada tahun 2003, Dimmu Borgir kembali digunakan label rekaman besar mereka, merekam album berjudul Death Cult Armageddon. Bagian dari album itu direkam dengan Praha Philharmonic Orchestra untuk meningkatkan pengaturan klasik yang selalu ditambah gaya band. Namun, dalam beberapa wawancara menyebutkan Shagrath banyak masalah dalam bekerjasama menggunakan orkestra dari Praha. Dua minggu penuh bekerja di studio dihabiskan untuk membersihkan kesalahan. Pada album berikut band ini memutuskan untuk tidak menggunakan live orkestra, dan meninggalkan banyak tugas untuk keyboardist band ini, Mustis, di studio. Pada tahun 2004, Dimmu Borgir merilis album berjudul Ozzfest.
Pada tahun 2005, band melakukan rekaman-ulang lengkap dari Stormblåsts album, menampilkan Hellhammer dari ketenaran Mayhem sebagai drummer.
Dimmu Borgir kembali merilis album terbaru, Sorte Diaboli, dirilis 24 April  2007. Versi khusus dirilis dalam kemasan DVD. Karya seni album ini dirilis pada tanggal 14 Februari 2007 pada sebuah halaman web promosi untuk album. Album ini menampilkan drum dari Hellhammer dari Mayhem, yang harus meninggalkan band ini dalam tur pertengahan tahun 2007 karena cedera leher, yang mengakibatkan gerakan terbatas lengan kanannya. Dengan rilis album ini, Dimmu Borgir kembali menjadi band Blackmetal pertama dengan nomor satu album di negara asal mereka. [1]
Pada tahun 2008, Silenoz kepada majalah Metal Hammer, Dimmu Borgir kembali akan memulai persiapan untuk album studio kesepuluh di akhir tahun 2008 untuk rilis 2010 diantisipasi pertengahan. Dia juga mengatakan band mungkin akan merekam bagian dari album dengan London Philharmonic Orchestra, akan melakukan perjalanan ke Mesir dan Turki untuk membuat suara mereka yang ingin mereka nciptakan untuk album ini, dan dapat diproduksi oleh Max Cavalera dan Fredrik Nordström.
Galder mengumumkan pada tahun 2008, Dimmu Borgir kembali akan menuliskan sebuah kontrak tiga album dengan Roadrunner Records untuk rilis di Amerika Serikat, semua rilis lainnya di dunia akan terus didistribusikan di bawah Nuclear Blast Records.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar